328 views

PENTINGNYA SOFTWARE AKUNTANSI UNTUK UMKM

Seiring perkembangan bisnis sekarang ini, sudah banyak masyarakat dari berbagai kalangan yang membuka pikiran dan mengambil langkah untuk berwirausaha, Mulai dari UMKM hingga membuka perusahaan dengan kekayaan asset hingga triliun rupiah dengan berbagai bidang yang berbeda-beda. Apalagi hal ini didukung oleh program-program pemerintah untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dari masyarakat, mulai dari penyediaan modal hingga tempat usaha.

Namun yang sering kita temui terutama pada usaha home industry, perusahaan-perusahaan kecil atau menengah yang tak menggunakan software akuntansi untuk mencatat pembukuannya. Cara tradisional pencatatan keuangan secara manual masih sering digunakan karena kurangnya SDM yang memahami sistem komputerisasai pada badan-badan usaha kecil tersebut. Bahkan yang lebih parah ada perusahaan yang tak memiliki sistem pembukuan sama sekali sejak puluhan tahun mulai berdirinya usaha tersebut. Padahal hal ini dapat menjadi salah satu penghambat dalam perkembangan usaha yang bersangkutan.

Pembukuan keuangan atau sistem akuntansi pada perusahaan dalam skala terkecil sekalipun mutlak dibutuhkan walaupun banyak pengusaha konvensional menganggapnya sebagai hal yang merepotkan. Pembukuan baik secara sederhana atau pun dengan menggunakan software akuntansi seharusnya tak perlu menjadi hal yang membebani karena catatan inilah yang dapat menjadi bukti tentang aktifitas perusahaan juga sebagai informasi keberlangsungan kegiatan kepada pemerintah

Beberapa UMKM yang berhasil mengembangkan usahanya menjadi skala yang lebih besar telah membuktikan bahwa kekurangan-kekurangan UMKM ternyata dapat dipecahkan dengan menggunakan sistem informasi dengan komputerisasi. Untuk dapat merealisasikan hal ini tentu dibutuhkan pengaplikasian software akuntansi sebagai sarana untuk membuat laporan keuangan yang akurat dan dapat dipertanggung-jawabkan. Untuk dapat menggunakan fasilitas berbasis teknologi canggih ini dibutuhkan SDM yang mumpuni dan salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan training untuk meningkatkan skill yang bersangkutan.

 

Software akuntansi memberikan banyak kelebihan yang memudahkan penyediaan data dan juga penyederhanaan sistem pembukuan. Perusahaan tidak perlu lagi menyiapkan puluhan hingga ratusan buku untuk mencatat setiap transaksi yang dilakukan. Melalui software akuntansi ini setiap transaksi bisa langsung diinput ke dalam progam dan semua Input yang telah diproses bisa dilihat dan ditarik datanya dengan mudah dan menghasilkan laporan keuangan secara lebih efisien dan profesional.

Perkembangan perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai transaksi yang semakin meningkat dan pertambahan aset adalah faktor-faktor yang menyebabkan semakin mendesaknya keharusan penggunaan software akuntansi di kalangan perusahaan kecil. Meskipun hal ini memang tak mudah diterapkan karena diperlukan skill khusus dari pekerjaan yang terbiasa dilakukan secara manual menjadi sistem yang otomatis dan menggunakan perangkat komputer. Ketidaknyamanan inilah yang sering menjadi penyebab keengganan para pengusaha untuk berinvestasi pada fasilitas berteknologi tinggi ini.

Dari uraian singkat di atas dapat kita simpulkan bahwa pembukuan dengan software akuntansi sifatnya sangat mendesak pada badan usaha kecil dan menengah (UMKM). Selain itu penerapan perangkat lunak ini akan memberi dampak positif bagi perkembangan perusahaan apalagi bila nilai transaksi perusahaan telah semakin besar.

One thought on “PENTINGNYA SOFTWARE AKUNTANSI UNTUK UMKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya lokasi/area parkir yang nganggur?
Ingin memperoleh penghasilan dari area Parkir tsb?
Apakah Anda mau menjadi pengusaha dibidang Parkir?

Untuk informasi lebih lanjut: