287 views

Tahapan Implementasi Software Akuntansi Di Bahana Solution

Jika Anda adalah seorang wirausaha atau mempunyai usaha yang setiap bulannya menyusun laporan penjualan, biaya-biaya yang dikeluarkan atau bahkan Laporan keuangan secara manual baik menggunakan kertas ataupun bantuan Microsoft Excel sepertinya mulai saat ini Anda harus mencoba menggunakan Software Akuntansi atau Aplikasi Akuntansi dari Bahana Solution.

 

Mengapa harus menggunakan Software Akuntansi/Aplikasi Akuntansi ?

Ya, Software Akuntansi/Aplikasi Akuntansi  dapat membantu mengatur administrasi keuangan Anda, sehingga anda mempunyai data yang terpusat serta saling terintegrasi dari inputan transaksi sampai menjadi sebuah laporan. Jadi jika Anda melakukan penginputan secara rutin semua transaksi baik itu pembelian, penjualan, biaya-biaya dan transaksi lainnya akan secara otomatis dibuatkan jurnal untuk selanjutnya menjadi sebuah laporan keuangan yang utuh.

 

Apakah semudah itu menggunakan Software akuntansi?

Ya, benar sekali.. Software akuntansi di desain sedimikian rupa sehingga pemakainya dapat lebih mudah melakukan proses input transaksi di semua proses bisnis perusahaan, misalnya admin bagian penjualan, ketika membuat Sales Order atau Pesanan Penjualan, dia tinggal masuk ke menu sales order kemudian input tanggal, nama pelanggan, nomor pesanan, jenis barang, kuantitas, harga, dan inputan lainnya kemudian cetak nota pesanan. Data dari SO tersebu otomatis akan masuk ke divisi lain seperti gudang dan keuangan untuk diproses menjadi Surat Jalan dan Tagihan Penjualan atau Invoice.

 

Nah kemudian bagaimana tahapan agar sebuah perusahaan bisa mulai menggunakan Softaware Akuntansi?

 

Secara garis besar ada 4 proses utama dalam implementasi Software Akuntansi yang dilakukan oleh Konsultan Implementor Bahana Solution di perusahaan mulai dari skala kecil hingga besar:

 

1. Tahapan Analisa Bisnis Proses

Pada tahapan ini Konsultan Bahana Solution berdiskusi dengan tim dari client (red: perusahaan) untuk membahas alur dokumen, bisnis proses dan SOP dari masing-masing divisi dan orang didalam perusahaan. Hal ini dibutuhkan untuk menentukan fitur dan menu apa saja yang akan dipakai/digunakan di dalam software akuntansi dan bagaimana bentuk integrasi nya antara satu divisi dan divisi yang lainnya.

Misalnya Divisi Pemasaran, implementor Bahana Solution wajib menentukan beberapa hal:

  • Bagaimana struktur organisasinya?
  • Siapa saja usernya?
  • Apa saja SOP kerja atau job description setiap user?
  • Data apa saja yang diinput/kerjakan?
  • Laporan apa saja yang dihasilkan?
  • Kemana alur dokumen dan approval diberikan setelah melalui divisi pemasaran?
  • dll

 

2. Tahapan Setup data, laporan dan Saldo awal

Tahapan berikutnya, konsultan Bahana Solution akan meminta klien untuk menyiapkan data-data perusahaan untuk dimasukkan sebagai master data seperti: Data pelanggan, Data supplier, data barang, data aktiva tetap, Daftar akun/COA (Chart of Account), dll. Selain itu tim Bahana Solution juga akan meminta beberapa format nota/faktur dan laporan-laporan yang biasa dicetak oleh perusahaan untuk di desain di database aplikasi akuntansi agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Setelah data dikumpulkan maka hal berikutnya menentukan waktu untuk cut off saldo awal, dimana data saldo awal yang dibutuhkan seperti: Saldo piutang, saldo hutang, saldo kas/bank, saldo stok/persediaan, saldo akun real lainnya

 

3. Tahapan Training dan Go Live

Pada tahapan ini Database Software Akuntansi yang sudah disetup oleh tim Bahana Solution kemudian ditrainingkan kepada setiap karyawan yang menjadi user di aplikasi akuntansi. Setiap karyawan di training sesuai dengan SOP atau Job Desc masing-masing. Setelah karyawan paham, maka Aplikasi sudah bisa dijalankan secara real dengan menggunakan database asli dengan saldo awal sesuai cut off nya.

 

4. Tahapan Support dan Maintenance after Go live

Tahapan terakhir yang tidak kalah pentingnya dari proses implementasi Software Akuntansi di Perusahaan yaitu tahapan support dan maintenance, pada proses ini Tim Bahana Solution memberikan pendampingan kepada karyawan yang adalah user dari Software Akuntansi di Perusahaan, pendampingan ini bertujuan agar karyawan yang masih belum pahamatau ragu dalam menginput bisa lebih percaya diri karena diarahkan oleh tim Bahana Solution.

Tidak kalah pentingnya yaitu maintenance, perawatan yang dilakukan oleh tim Bahana Solution diantaranya:

  • Maintenance Hardware baik PC Server, Client dan Kabel jaringan
  • Maintenance aplikasi di server (penyimpanan data)
  • Maintenance aplikasi di Client (user)
  • Remote server/client
  • Dll

 

Demikian beberapa tahapan dalam proses Implementasi Software Akuntansi di Perusahaan yang bisa kami paparkan dengan tujuan agar Business Owner atau Pemilik usaha tidak perlu ragu atau bahkan takut ketika akan mengganti proses akuntansinya dari manual ke sistem terkomputerisasi.

 

Kami dari tim Bahana Solution dengan pengalaman lebih dari 7 tahun dan daftar klien lebih dari 200 perusahaan sangat yakin dapat membantu Anda untuk menyusun sistem akuntansi yang baik bagi perusahaan Anda.

| Baca juga : daftar Client Bahana Solution 

 

Salam,

Felix Panjaitan., CA

Praktisi dan Pemerhati Dunia Akuntansi & Bisnis

BahanaSolution.com

| Hubungi kami: Chat Via WhatsApp sekarang

Jangan lupa tinggalkan LIKE anda, dan di  SHARE yaaaah. 😀🙋‍♂️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya lokasi/area parkir yang nganggur?
Ingin memperoleh penghasilan dari area Parkir tsb?
Apakah Anda mau menjadi pengusaha dibidang Parkir?

Untuk informasi lebih lanjut: