343 views

TIPS MENINGKATKAN PENJUALAN LEWAT MEDIA SOSIAL

Social Media sudah menjadi media untuk promosi atau memperkenalkan produk bisnis. Perannya dalam bisnis makin menunjukkan performa mengagumkan, banyak perusahaan sudah mengalihkan biaya promosi khusus untuk meningkatkan produktifitas dan efektifitas di media sosial.

Dengan perkembangan teknologi kini orang dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan memanfaatkan jejaring sosial, menurut fakta hal yang dilakukan orang denangan sosial media adalah:

 – Membaca status atau melihat foto teman

– Memposting foto atau video

– Membuat rekomendasi atau komentar

– Mengikuti kuis

– Mengikuti game

Dari fakta di atas kita bisa menyimpulkan bahwa untuk menjual suatu produk kita dapat memanfaatkan social media dengan cara memposting status (memperkenalkan produk), memposting foto produk sampai membuat video promosi di jejaring YouTube. Lalu bagaimana kita memaksimalkan penjualan dengan social media? Berikut tips meningkatkan penjualan dengan media social seperti Facebook, Instagram dan.

1. Kenali Produk Yang Anda Jual

Untuk menjual suatu produk yang sukses, Anda perlu mengenali dan memahami produk yang Anda jual. Dengan menguasai product knowlegde maka akan lebih mudah memasarkan produk, dan orang akan tertarik untuk mencoba menggunakan produk tersebut karena Anda menjualnya dengan penuh optimisme. Pernahkah kita menemukan penjual yang bahkan tidak mengenal produk yang dijualnya? Hal ini tentu saja akan membuat kita ragu untuk membeli produk tersebut.

Jadi memahami produk yang akan ditawarkan sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan Anda di social media. Dengan sistem pemasaran online pembeli akan mudah mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan terkait produk Anda. Apa lagi jika berjualan di , sosial media, komentar konsumen akan sangat berdampak bagi baik buruknya reputasi produk Anda, karena terposting secara publik dan semua orang dapat membacanya.

2. Kenali Produk Pesaing Anda

Selain di tuntut untuk menguasai produk sendiri, kita juga harus mengenali produk pesaing. Hal ini penting sebagai perbandingan, apakah produk Anda sudah lebih baik? Apakah pelayanan sudah lebih baik? Bahkan untuk membandingkan harga yang di banderol oleh pesaing, hal ini penting untuk menjadi tolak ukur kita meningkatkan sales dan kualitas. Dan dengan social media, kita dapat dengan mudah memantau aktifitas mereka untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan.

3. Menentukan Target Market

Untuk memulai sebuah kegiatan jual beli, hendaknya kita terlebih dahulu menentukan target pasar kita, apakah target kita pria atau wanita, anak muda atau orang tua, lokasi target market tertentu, dan lainnya. Dengan social media kita dengan mudah meriset sendiri target pasar kita dengan bergabung di forum-forum atau group, mem-follow akun komunitas tertentu yang berhubungan dengan target pasar kita.

4. Memberikan Informasi Yang lengkap

Tidak jarang kita menjumpai blog atau akun-akun social media yang menjual produk tertentu tanpa memberikan informasi tentang mereka dengan jelas dan lengkap. Hal ini menyulitkan pembeli untuk bertanya atau berkonsultasi secara personal. Terkadang ada pembeli yang ingin berkonsultasi secara personal dengan menghubungi contact person bisnis Anda. Jadi amatlah penting kelengkapan informasi baik di dalam blog maupun akun-akun social media lainnya.

5. Tampilan Yang Menarik Dan Unik

Seperti halnya kita bertemu dengan seseorang, kita akan lebih tertarik dengan seseorang yang penampilannya menarik, hal ini berlaku juga jika kita berjualan dengan social media. Maka dari itu buatlah tampilan blog atau akun-akun social media terlihat menarik, karena orang akan mudah tertarik jika penampilan blog atau akun sosmed Anda menarik, terlebih jika penampilannya unik pastilah menjadi ciri khas bagi Anda.

Salam,

Felix Panjaitan., CA

Praktisi dan Pemerhati Dunia Akuntansi & Bisnis

BahanaSolution.com

| Hubungi kami: Chat Via WhatsApp sekarang

Jangan lupa tinggalkan LIKE anda, dan di  SHARE yaaaah. 😀🙋‍♂️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya lokasi/area parkir yang nganggur?
Ingin memperoleh penghasilan dari area Parkir tsb?
Apakah Anda mau menjadi pengusaha dibidang Parkir?

Untuk informasi lebih lanjut: