259 views

4 Tips melakukan Penjualan Secara Online

Tips melakukan penjualan secara online

 

Sebelum anda menjual sesuatu melalui online, ketahuilah beberapa tips dibawah ini:

1. Ketahuilah apa yang akan anda tawarkan

Anda harus mengetahui apa yang akan Anda tawarkan. Menawarkan produk, berarti Anda berjualan suatu barang dengan cara online. Anda dapat membeli atau memproduksi barang jualan Anda sendiri atau Anda memakai sistem dropship. Selain produk fisik, Anda pun dapat berjualan produk digital seperti tiketonline, pulsa dan semacamnya.

2. Membangun Pondasi Media Sosial

Salah satu cara untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda ke khalayak ramai adalah dengan memanfaatkan media sosial. Anda dapat membayar jasa pembelian followeraktif dengan harga yang cukup murah dan variatif tergantung dengan jumlah followeryang Anda inginkan. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan jasa influencer di media sosial untuk melakukan endorsement terhadap produk atau jasa Anda. Media sosial yang dapat Anda gunakan adalah Instagram, facebook

       Facebook

Anda dapat membuat page untuk jualan online dengan menggunakan foto profil yang paling tepat untuk merepresentasikan bisnis Anda. Di dalam pageAnda, sebisa mungkin untuk memberikan deskripsi yang rinci atas jualan Anda.

        Instagram

Engagement rate di Facebook, hanya sekitar 0,05%-1%, sedangkan pada Instagram, engagement rate mencapai 4,21%. Ini berarti posting Anda akan mendapatkan respon yang lebih banyak seperti like/komentar. Setiap foto yang Anda unduh di Instagram sebaiknya menggunakan hashtag (#) yang relevan dan disertai dengan deskripsi yang rinci tapi singkat.

Selain murah dan mudah, pemasaran atas produk Anda pun dapat dilakukan dengan cepat dan instan. Walaupun sosial media sangat bermanfaat, tetapi harus diingat bahwa sosial media bukanlah tempat jualan Anda.

3. Lakukan Pemasaran yang Tepat

Secara garis besar terdapat 3 komunitas orang yang menggunakan internet, pertama untuk mencari informasi, kedua untuk mencari hiburan dan yang terakhir adalah untuk membeli produk atau jasa. Dengan menggunakan content marketing dan target komunitas yang tepat, maka Anda dapat dengan mudah memasarkan produk Anda.

Kumpulkan email dari calon pelanggan sehingga pemasaran Anda dapat bersifat lebih pribadi, ini adalah proses list building dan Anda dapat menggunakan email marketinguntuk melakukan penjualan dan menjalin hubungan positif dengan konsumen. Cara ini juga dapat membangun bisnis Anda di jangka panjang.

4. Berikan Nilai Tambah

Agar dapat unggul dibandingkan para pesaing Anda, sebaiknya jualan Anda memiliki nilai tambah. Nilai tambah yang tersebut dapat berupa akses layanan yang cepat dan mudah. Anda pun dapat memberikan kualitas jasa dan produk yang melebihi pesaing Anda.

Nilai tambah tersebut dapat menjadi poin plus untuk membangun kredibilitas Anda di mata konsumen. Semakin bagus nilai tambah Anda, semakin banyak pembeli yang akan mempercayai produk Anda. Dengan memberikan yang terbaik untuk konsumen Anda, bisnis Anda akan lebih berkembang dan bertahan di jangka panjang.

 

 

Semoga bisa membantu Anda…

 

“Bisnis Jalan — Bos Jalan-jalan”

 

Felix Panjaitan., Ak., CA

Business Owner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya lokasi/area parkir yang nganggur?
Ingin memperoleh penghasilan dari area Parkir tsb?
Apakah Anda mau menjadi pengusaha dibidang Parkir?

Untuk informasi lebih lanjut: