271 views

Viral!! Juru Parkir di Bali Terima Pembayaran dengan QRIS

Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk berbagai transaksi non tunai di Indonesia sepertinya mulai merambah ke pembayaran hal-hal yang unik. Salah satunya untuk parkir. Hal ini terlihat di beberapa lokasi parkir di Denpasar

Beberapa foto beredar di sosial media, dimana beberapa Jukir melayani pembayaran tarif parkir dengan device yang bisa mengeluarkan struck parkir secara otomatis dimana pengendara bisa membayar secara non tunai dengan scan QRIS yang tampil pada layar device tersebut

Foto Jukir tersebut terpantau warganet berasal dari Jukir yang bekerja pada pasar Kereneng dan pasar Sanglah kota Denpasar. Menurut pengamatan tim, penerapan parkir online dengan pembayaran QRIS ini sudah berlangsung sejak tahun 2019 dan diinisiasi oleh Perumda Pasar Sewakadarma yang merupakan BUMD Kota Denpasar.

QRIS sendiri diluncurkan oleh Bank Indonesia untuk memungkinkan semua orang yang punya alat pembayaran baik e-wallet sampai mobile banking bisa melakukan transaksi.

Contohnya, si A punya alat pembayaran GoPay, lalu si B punya OVO kemudian si C punya BCA Mobile dan si D punya BNI Mobile Banking. Kemudian mereka ingin membayar Parkir di toko E yang menyediakan QRIS. Mereka tetap bisa membayar walaupun alat pembayarannya berbeda.

Jadi tidak perlu scan kode QR khusus misalnya GoPay harus scan ke GoPay, OVO scan ke OVO. “Sesuai slogannya satu QR Code untuk semua pembayaran, apapun aplikasinya, scannya cukup di satu tempat, yakni QRIS,” demikian keterangan QRIS dikutip Senin (4/10/2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya lokasi/area parkir yang nganggur?
Ingin memperoleh penghasilan dari area Parkir tsb?
Apakah Anda mau menjadi pengusaha dibidang Parkir?

Untuk informasi lebih lanjut: